Kamus Ilmu Paranormal

Halaman ini dibuat untuk membantu Anda memahami istilah-istilah khusus yang sering dipakai di situs ilmuparanormal.com ini. Definisi atau pengertian yang tertulis di halaman ini adalah definisi menurut Perkumpulan Paranormal Indonesia.

  1. Paranormal = Orang yang dipercaya memiliki kemampuan diatas manusia normal, sehingga orang tersebut sering dimintai batuan oleh masyarakat yang mengalami masalah-masalah kehidupan.
  2. Supranatural = Suatu hal atau kejadian yang melebihi kewajaran.
  3. Ilmu Paranormal = Ilmu untuk menguasai suatu kemampuan diatas manusia normal. Kata lain yang artinya sama dengan Ilmu Paranormal adalah Ilmu Supranatural, Ilmu Mistik, Ilmu Ghaib, dan Ilmu Metafisika.
  4. Ghaib = Sesuatu hal yang tidak terlihat, tapi sebenarnya ada. Hanya orang tertentu yang bisa melihat hal-hal ghaib, salah satunya adalah Paranormal.
  5. Mistik = Sesuatu yang berhubungan dengan batin, jiwa, roh, dan spiritual.
  6. Metafisika = Sesuatu kejadian ajaib yang tidak bisa dijelaskan dengan hukum fisika.
  7. Ilmu Hikmah = Ilmu Paranormal yang ritualnya menggunakan tradisi arab atau tradisi islam.
  8. Ilmu Kejawen = Ilmu Paranormal yang ritualnya menggunakan tradisi jawa atau ajaran kepercayaan yang berkembang di jawa.
  9. Ilmu Khodam = Ilmu agar bisa mendapatkan bantuan dari khodam.
  10. Khodam = Makhluk ghaib yang bersedia membantu manusia untuk berbagai urusan.
  11. Wirid = Dzikir, membaca suatu bacaan / ayat / kata secara berulang-ulang dan penuh konsentrasi.
  12. Doa = Permohonan yang ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  13. Ayat Suci = Kata atau kalimat yang berasal dari Kitab Suci.
  14. Shalawat = Ucapan doa atau pujian yang ditujukan kepada Nabi.
  15. Asmaul Husna = Nama-nama Tuhan yang sering dijadikan wirid karena diyakini bisa mendatangkan pertolongan Tuhan. Ada 99 nama Tuhan, setiap nama memiliki arti dan manfaat yang berbeda-beda.
  16. Hizib = Rangkaian bacaan ayat suci atau doa yang dibaca secara rutin dengan tujuan mendapatkan manfaat spiritual tertentu.
  17. Mantra = Rangkaian kata atau kalimat yang disakralkan (dikeramatkan) karena diyakini mengandung kekuatan ghaib apabila dibaca dengan cara yang tepat.
  18. Kidung = Mantra berbentuk nyanyian bahasa jawa yang diyakini mengandung kekuatan supranatural tertentu.
  19. Azimat / Jimat = Benda yang diyakini memiliki berkah (manfaat spiritual) bagi orang yang membawanya.
  20. Rajah = Tulisan yang diyakini mengandung kekuatan supranatural. Setiap rajah punya manfaat yang berbeda-beda. Rajah bisa ditulis di kertas kemudian ditempel di suatu tempat, dituliskan pada pakaian untuk dipakai, ditulis pada selembar kertas yang dilipat untuk dijadikan Azimat, atau bisa juga dituliskan langsung kepada tubuh seseorang yang ingin mendapatkan kekuatan dari sebuah rajah.
  21. Riyadhoh / Tirakat = Usaha untuk mendapatkan kemampuan paranormal.
  22. Ramuan = Racikan obat ajaib yang dibuat dengan resep tradisional atau resep supranatural.
  23. Santet / Tenung / Guna-guna = Menyakiti orang lain secara ghaib atau dengan ilmu hitam.
  24. Ilmu Hitam = Sebuah ilmu ghaib yang ritualnya bertentangan dengan hukum yang berlaku di masyarakat, dan tujuannya pun untuk kejahatan.

Dan masih banyak lagi, silahkan menghubungi Csilmuparanormal@gmail.com jika anda membutuhkan penjelasan istilah yang sulit.

WhatsApp chat