Jangan Dibaca Sendirian!!! Ini Dia Jenis Hantu Jawa Yang Menakutkan Dan Suka Mengganggu

Jenis Hantu Jawa – Hantu merupakan mahluk gaib yang dipercayai keberadaaanya, meski tidak semua orang bisa melihatnya. Meski demikian banyak orang yang takut untuk bertemu dikarenakan bentuknya yang mengerikan.

Jenis Hantu Jawa

Karenanya dalam artikel ini akan kami paparkan Jenis Hantu Jawa sebagai berikut :

1. GENDRUWO

Hantu ini biasanya tinggal di pohon besar atau gedung tua tak berpenghuni. Gendruwo suka bergelantungan di dahan pohon atau duduk di bawahnya. Tanda-tanda kehadirannya yakni muncul bau khas yang sangat menusuk hidung. Gendruwo ini memiliki badan berbulu coklat, badan tinggi besar, dan jari-jari yang besar pula. Hantu ini suka iseng, suka melempar dan menampakkan wujudnya.

2. SUNDEL BOLONG

Sundel, bahasa Jawa yang artinya pelacur, sementara bolong artinya berlubang. Hantu ini berwujud wujud sosok wanita yang punggungnya berlobang. Bila Anda berhadapan, baunya sangat wangi, tapi kalau mahluk ini berbalik badan, akan menebarkan bau busuk dan amis. Sundel Bolong dipercaya suka mengajak para pria berhidung belang untuk berhubungan intim.

3. JERANGKONG Atau TETEKAN

Hantu ini berwujud  kerangka manusia, kebiasaanya berkeliling dari kampung ke kampung pada pagi dini hari. Mahluk ini biasanya mem[perlihatkan diri pada pukul 01 s/d 02 malam. Ia disebut tetekan sebab kalau berjalan mengeluarkan bunyi tek, tek, tek, bunyi ini berasal dari benturan rahang atas dan rahang bawah.

4. NDAS GLUNDUNG

Hantu ini berupa kepala manusia, dirinya termasuk hantu yang iseng. Karena suka menganggu dan mengejutkan orang dengan cara menggelundung secara tiba-tiba di depan  orang. Bahkan ada juga yang jatuh dari atas pohon, saat ada orang yang mendekat, kepalanya akan berputar dan tersenyum sinis. Dipercaya hantu ini adalah kepala para orang-orang yang mati dengan cara disembelih.

5. MEMEDI USUS

Wujudnya berupa usus manusia yang terburai, suka melilit kaki orang yang sedang melintas di jalan. Hantu ini biasanya melintang di jalan untuk menunggu orang yang mau diganggunya. Orang yang terlilit oleh Memedi Usus, akan terasa berat dan kesulitan untuk berjalan atau berlari.

6. POCONG

Hantu ini berwujud manusia berkain kafan, cara berjalannya meloncat-loncat. Biasanya tinggal di kuburan seseorang, yang konon semasa hidupnya bergelimang dengan dosa; Misalnya rentenir, pemelihara tuyul atau perewangan. Lantas ia tidak rela atas kematiannya.

Hantu ini suka menggantung di pohon, bersandar, atau rebahan di tepi jalan. Dirinya bisa mengejar orang yang ketakutan dan kabur .

7. OYOT NIMANG

Oyot nimang atau akar nimang juga dikenal sebagai  akar gaib. Orang yang menginjaknya atau melompatinya akan kehilangan ingatan atau kesadaran. Orang yang kena pengaruhnya akan berjalan berputar-putar di tempat yang sama, padahal ia merasa berjalan menuju tempat tujuannya.

8. BAYI BAJANG

Hantu ini jelmaan dari  bayi hasil hubungan gelap, yang dikeluarkan secara paksa (aborsi). Lantas mayatnya dipendam, dan sering mengeluarkan suara tangisan bayi yang memilukan.

9. KEMAMANG

Sosoknya berupa hantu berambut api, dan tinggal di tepi sungai karena dia juga suka mencari ikan. Ikan yang didapatnya akan dibakar menggunakan rambutnya, lantas begitu ikannya matang akan dimakannya. Kemamang sering memburu dan mengejar orang yang melihatnya, kemudian akan menghisapd arahnya melali ubun-ubun hingga meninggal.

10. GERANDONG

Hantu ini dipercaya dapat membunuh orang. Sosoknya sangat menakutkan. Wajah dan matanya merah, taringnya panjang, kulitnya abu-abu bersisik, rambutnya panjang dan kasar.

Gerandong suka berpindah tempat, ia selalu membuat geger desa yang ditinggalinya. Sehingga setiap malam desa tersebut akan terasa mencekam, akibatnya tidak ada seorang pun yang berani keluar rumah.

11. WEWE GOMBEL

Hantu ini berwujud wanita tua, berpakaian compang-camping, dan payudaranya menggelantung sampai menyentuh tanah. Kesukaanya mengganggu anak-anak balita dengan cara mengajaknya ke tempat-tempat yang sepi, lantas anak tersebut di tinggal sendirian di tempat itu. Bahkan kalau wewe gombel akan mengajak anak yang disukainya keliling-keliling sampai berhar-hari. Setelah bosan anak itu ditinggalkan diberbagai tempat seperti di tengah sawah, di hutan, di atas pohon, dan sebagainya.

12. KEBLEG

Wujudnya yakni kelelawar yang besar, kesukaanya mencuri beras di tempat menyimpan beras. Selain itu mahluk ini  suka mencuri telur. Konon, ia adalah peliharaan seseorang, semacam tuyul, tapi  spesialisasinya hanya beras dan telur.

13. TUYUL

Hantu ini merupakan hantu peliharaan seseorang, ditugaskan untuk mencuri uang untuk disetorkan kepada majikannya. Wujudnya yakni anak balita laki-laki dengan kepala plontos. Tuyul konon bisa didapatkan siapa saja dengan jalan melalui ritual khusus dan perjanjian akan memberi tuyul makan.

Makanan tuyul berupa darah ayam yang baru disembelih, atau menyusui oleh istri yang memeliharanya. Tuyul menurut kepercayaan bisa ditangkap dan dimatikan, namun yang mati adalah si penganut pesugihan tuyul ini.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis hantu jawa yang diyakini ada keberadaannya. Namun untuk sementara hanya itu yang bisa kami jabarkan. Semoga artikel Jenis Hantu Jawa ini bisa membuat Anda tidur nyenyak malam ini.

BACA JUGA : JENIS JENIS ALAT SANTET

WhatsApp chat