Ilmu Paranormal Itu Bidah, Benarkah?

Artikel ini dibuat untuk kawan-kawan muslim yang ingin mempelajari Ilmu Paranormal, tapi ragu soal keabsahannya secara agama. Artikel ini, tidak diniatkan untuk membujuk Anda mempelajari Ilmu Paranormal. Sungguh, Perkumpulan Paranormal Indonesia (PERPARIN) tidak punya niat untuk menyebarkan ajaran tentang keparanormalan. Karena paranormal adalah tradisi, dan sifat dari tradisi itu menyebar dengan sendirinya, meskipun tanpa disebarkan. Paranormal yang kami maksud paranormal yang asli dan bukan yang penipu.

 

Sebelum menjawab pertanyaan “Apakah Ilmu Paranormal itu Bidah?”, agar Anda tidak salah paham, Anda perlu memahami dua hal.

Pertama, apa arti bidah yang sebenarnya?

Kedua, Bidah seperti apa yang tidak diperbolehkan oleh agama islam?

 

Arti Bidah

Bidah adalah sesuatu kegiatan yang tidak pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad. Sebenarnya, tidak semua bidah itu buruk. Banyak juga bidah yang baik. Dan faktanya, umat manusia, termasuk umat islam, tidak mungkin bisa menghindar dari bidah.

Pada jaman Nabi, Al Quran tidak dibukukan. Namun Khalifah Ustman membukukan Al Quran. Itu adalah bidah. Tentunya bidah yang baik (bidah hasanah).

Pada jaman Nabi, ketika khotbah jumat, Nabi tidak pernah menggunakan pengeras suara. Sekarang hampir setiap Ustadz menggunakan pengeras suara ketika khotbah jumat. Ini pun bidah yang baik.

Menterjemahkan Al Quran dalam bahasa Indonesia adalah bidah, karena nabi tidak pernah melakukan dan tidak pernah memerintahkan untuk melakukannya. Tapi Majelis Ulama Indonesia melakukannya, agar masyarakat Indonesia mudah memahami arti ayat-ayat suci Al Quran. Ini jelas-jelas bidah. Tapi bidah yang baik.

 

Kapan Bidah Tidak Boleh?

Bidah tidak boleh dilakukan dalam hal syariat ibadah mahdoh.

Dalam islam, ibadah itu dibagi dua:

  1. Ibadah Mahdoh, yaitu ibadah yang tata caranya sudah dicontohkan oleh nabi. Misalnya salat, puasa, zakat, haji, dan sebagainya. Prinsip dalam ibadah mahdoh adalah “Harus sesuai syariat yang dicontohkan/diajarkan Nabi. Tidak boleh ditambah, tidak boleh dikurangi”. Artinya tidak boleh ada bidah dalam ibadah Mahdoh.
  2. Ibadah Goiru Mahdoh (Bukan Mahdoh), yang bentuknya adalah muamalah, yaitu menyangkut kebutuhan manusia dan hubungan antar manusia. Prinsip adalam muamalah adalah “Asalkan tidak pernah dilarang oleh Nabi (Hadist atau Al Quran), maka diperbolehkan”. Disinilah manusia diberi hak oleh Allah untuk berkreasi, membuat sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi kemanusiaan.

 

Lalu, Apakah Ilmu Paranormal Itu Bidah?

Ya, Ilmu Paranormal adalah “bidah” tapi merupakan “bidah yang baik”, setidaknya itu menurut pandangan kami (PERPARIN). Namun jika Anda punya pandangan tersendiri, itu adalah hak Anda sebagai warga negara Indonesia. Di Negara Indonesia yang kita cintai ini, setiap manusia dijamin kebebasannya untuk berkeyakinan, selama tidak mengganggu/menghina keyakinan orang lain.

Pada dasarnya Ilmu Paranormal adalah upaya memohon kepada Allah agar Allah berkenan memberikan pertolongan. Ilmu Paranormal bersumber dari keyakinan, tradisi, dan budaya manusia. Oleh karena itu, ada beragam Ilmu Paranormal yang berkembang di Indonesia, sesuai dengan keyakinan, tradisi, dan budaya masyarakat Indonesia yang memang beragam.

 

Berikut ini adalah video pembahasan soal Bidah dari Cak Nun. Beliau dikenal sebagai budayawan dan guru spiritual bagi kalangan muslim yang senang dengan toleransi.

 

 

Renungan Soal Keyakinan

Keyakinan adalah soal “rasa” dan yang namanya rasa itu subyektif. Keyakinan selalu terasa benar bagi yang meyakininya, dan terasa salah bagi yang tidak meyakininya. Keyakinan terbentuk melalui ajaran-ajaran yang Anda terima dari lingkungan Anda. Jadi apabila Anda meyakini suatu keyakinan, itu karena Anda menerima ajaran dari orang lain di sekitar Anda.

Memahami hal ini, hendaknya kita menyadari bahwa menyalahkan keyakinan orang lain adalah hal yang tidak bijaksana. Karena kita paham, keyakinan selalu benar bagi yang percaya, dan selalu salah bagi orang yang tidak percaya. Itulah subyektifitas keyakinan.

Semoga kita menjadi hamba Tuhan yang toleran, bijaksana, dan mampu memandang kehidupan ini dari sudut pandang yang luas.

Berikut ini beberapa situs yang dikelola oleh Ki Bagus Wijaya:

WhatsApp chat