Menguak Khasiat Kayu Gaharu Asli

Beragam tumbuhan diciptakan oleh Allah SWT, salah satunya adalah Kayu Gaharu. Kayu Gaharu Merupakan sejenis kayu berwarna kehitaman yang mengandung sejenis resin khas (resin adalah kandungan dalam getah pohon). Resin tersebut ternyata dihasilkan dari mikroba berjenis fusarium sp, yang membuatnya bernilai jual tinggi. Pohon Gaharu mampu tumbuh sampai puluhan meter dan berdiameter rata-rata 40 hingga 60 cm.

Pohon Gaharu Merupakan Tumbuhan Surga?

Apakah hal tersebut benar adanya?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita simak Hadist Riwayat Imam Bukhori yang berbunyi

“Golongan penghuni surga yang pertama kali masuk surga adalah berbentuk rupa bulan pada malam bulan purnama (sampai ucapan beliau) , nyala perdupaan mereka adalah gaharu. Imam Abul Yaman berkata, maksudnya adalah kayu gaharu.”  Sabda Rasulullah dari Abi Hurairah Radliyalahu ‘anh

Subhanallah, begitu kayanya negara kita ini. Karena kayu gaharu sendiri tersebar di seluruh wilayah indonesia, khususnya wilayah Merauke, Sulawesi, dan Sumatra.

Cara Membedakan Kayu Gaharu Asli Dengan Yang Palsu

Setiap barang bagus dan bernilai tinggi tentunya mempunyai jenis serta kualitas yang tinggi pula. Nah, untuk membedakannya, kita harus mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. Sama halnya dengan kayu gaharu ini, kita harus jeli menilai mana yang kualitasnya baik, sedang dan bahkan menilai kayu yang palsu.

Berikut ini adalah beberapa ciri dari kayu gaharu:

  1. Untuk yang pertama, kayu atau pohon gaharu pasti mempunyai aroma harum khas seperti kayu cendana. Wangi ini keluar dari getah yang dihasilkan akibat adanya infeksi pada pohon. Wangi khas ini kuat dan beda dari wangi kemenyan.
  2. Kemudian, ciri selanjutnya adalah dari serat kayu itu sendiri. Serat dari gaharu lebih solid dan padat, bukan seperti kayu kokka ataupun kayu asem dan sebagainnya.
  3. Untuk kayu gaharu A super warnanya hitam pekat, wangi sekali
  4. Kayu gaharu super B warna hitam kecoklatan dan beraroma cukup wangi.
  5. Kayu gaharu  warnanya cenderung coklat dan beraroma wangi tidak menyengat.

Itulah beberapa ciri dari pohon gaharu, dan menurut guru hikmah kejawen serta “Ki Bagus Wijaya”. Keberadaan gaharu sendiri bukan sekedar materi pembuat parfum atau aksesoris semata. Ada kandungan spiritual yang sangat bermanfaat ketika dimanfaatkan secara benar.

Apalagi jika digunakan sebagai tasbih untuk dzikir atau wiridan secara istiqomah. Sungguh bagitu luar biasa manfaatnya, ” ujar beliau.

Lantas, apa saja Manfaat Kayu Gaharu?

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan sarana kayu gaharu berupa Gelang atau Tasbih Gaharu. manfaat ini saya bedakan menjadi beberapa kategori, berikut ini selengkapnya:

Manfaat Secara Metafisik

  1. Untuk kayu yang sudah dibentuk menjadi gelang atau tasbih, bisa digunakan sebagai media dzikir kepada Allah.
  2. Energi kayu tersebut dapat membantu melemaskan dan merilekskan ketegangan saraf.
  3. Menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh ilmu hitam atau sihir.
  4. Bisa Digunakan sebagai sarana untuk mengobati kesurupan.
  5. Mampu digunakan sebagai pagar gaib untuk melindungi penyakit karena santet dan ilmu hitam,
  6. Aroma kayu gaharu asli bisa membantu Anda dalam ketengangan dan mengurangi rasa cemas yang berlebihan.
  7. Membantu proses meditasi/ tafakur kepada Allah.

Manfaat Untuk Kesehatan

  1. Menjaga kesehatan ginjal, yaitu dengan cara diseduh dan diminum secara teratur, bahkan teh batang pohon gaharu bahkan dapat mengobati penyakit ginjal yang sudah kronis seperti batu ginjal dan gagal ginjal.
  2. Minyak hasil limbah kayu gaharu bisa dioleh sebagai minyak istiri. Minyak ini bermanfaat sebagai anti penuaan diri dan mencerahkan kulit.
  3. Meningkatkan kekuatan otot tubuh
  4. Membuat tubuh lebih kuat dan tidak mudah lelah.
  5. Batang kayu gahayu bisa digunakan sebagai penyembuh tumor. Karena didalam batangnya mengandung flavonoid yang mampu menjaga kesehatan tingkat sel.
  6. Membantu meningkatkan kinerja organ fisik
  7. Membantu meringankan rasa sakit akibat cedera.
  8. Aroma gaharu bisa digunakan sebagai obat penyembuh insomnia
  9. Kandungan zat duritik dalam gaharu bisa digunakan sebagai herbal penyembuh racun dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat yang ada didalam pohon gaharu asli. Bahkan aroma wangi kayu ini dikabarkan juga digunakan pada batu hajar aswad yang ada di ka’bah. Subhanallah.

Kayu Gaharu

Kenapa kami menawarkan kayu gaharu yang sudah berbentuk tasbih? karena kami ingin kayu ini digunakan bukan hanya sekedar wangi-wangian saja, melainkan menjadi sarana beribadah kepada Allah dengan berzikir.

Untuk informasi selengkapnya tentang  Gaharu silahkan tanyakan langsung kepada Mbak Devi pada nomor +62816577880 atau kunjungi www.GelangGaharu.com | TasbihWali.com

Semoga dengan informasi saya tentang kayu gaharu ini dapat memberikan banyak manfaat terutama sebagai ilmu pengetahuan tentang karunia Allah berupa pohon gaharu ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Mungkin Anda juga menyukai

WhatsApp chat