Cara Mengatasi Kedzaliman

Kata dzalim berasal dari bahasa arab yang artinya meletakkan sesuatu yang bukan tempatnya. Sedangkan menurut terminologi islam, dzalim adalah menggunakan milik orang lain atau tindakan melampaui batas, tindakan yang menyimpang dari kebenaran kepada kebatilan. Firman Allah:

“Kalian akan tahu siapa yang akan mendapat tempat terbaik di akhirat dan sesungguhnya orang-orang zalim itu tidak akan beruntung.” (QS. al-An’am: 135)

Kezaliman adalah kerusakan di dalam fitrah manusia, karena Allah SWT menciptakan fitrah manusia senantiasa cenderung kepada kebaikan dan menjauhi keburukan. Tapi, karena fitrah dapat menjadi lemah dikarenakan rusaknya pendidikan yang diterima seseorang, hawa nafsu, kepentingan, dan lain-lain maka manusia tidak jarang menuju ke arah yang tidak benar dan bertentangan dengan fitrah.

Kezaliman menimbulkan bahaya baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, jika anda menemukan orang yang berbuat dzalim atau ingin dijauhkan dari perbuatan dzalim, anda bisa lakukan langkah berikut.

Cara mengatasi kedzaliman.

Pertama- Tulislah ayat di bawah ini pada selembar kertas.

dhalim

Artinya :

Allah tidak menyukai orang yang menyebut terang-terangan perkataan buruk melainkan jika orang yang menyebut dengan terang-terangan itu, orang yang dizhalimkan. Dan Allah senantiasa mendengar lagi mengetahui. (An-Nisa’ 148)

Kedua- Ketika bertemu dengan orang dhalim, bacalah ayat tersebut sebanyak 3 X, insya’allah dhalimnya dapat hilang.

Catatan= Orang yang membaca ayat tersebut harus dalam keadaan suci dari hadas dan rajin sholat 5 waktu.

 

Mungkin Anda juga menyukai

WhatsApp chat