Sawanen? Apa Itu?

Apakah Anda pernah mendengar kata sawanen? Bagi orang Jawa pastinya akrab dengan kata-kata ini, namun bagi orang lain pasti bertanya-tanya, apa itu sawanen atau sawan.

Apa Itu Sawanen

Hingga sekarang belum ada pengertian yang pasti dari kata sawanen ini. Biasanya ini merujuk pada sebuah gejala perubahan pada tubuh atau perilaku seseorang, diduga hal ini disebabkan hal gaib.

Yang jelas hingga saat ini pengertian apa itu sawanen sendiri belum ada jawaban yang pasti. Biasanya seseorang yang terkena sawanen  terlihat  lesu, pinginnya tidur melulu, atau dada selalu terasa deg-degan. Selain itu juga ditunjukan dengan perilaku, seperti mudah marah-marah, menangis, atau bahkan tidak mau berada di dalam rumah.

Bagi seseorang yang belum mengetahui bila dirinya terkena sawan, pastinya akan memilih ke dokter untuk pengobatan secara medis. Anehnya setelah diperiksa dokter, kondisinya sama sekali tidak ada perubahan.

Bila sudah seperti ini biasanya, orang tersebut akan dibawa ke  orang pintar (orang yang tahu barang tak terlihat),  bisa dukun, dukun bayi, paranormal atau kyai. Di sini orang akan mendapatkan jawaban yang aneh-aneh mengenai penyebabnya. Setelah diberi penyebabnya, akan diberi solusi yang kadang tidak masuk akal untuk dilaksanakan.

Misalnya orang pintar itu mengatakan bahwa seseorang “sawanen pertunjukan barongan”, solusinya orang itu disuruh untuk mencabut rambut barongan. Setelah itu rambut tersebut disimpan di kantong celana atau pakaian seseorang yang terkena sawan, dan anehnya kondisi orang yang sawanen langsung membaik.

Apa Itu Sawanen

Biasanya kasus sawanan ini sering  menimpa bayi (balita), adapun tanda-tanda bayi yang terkena sawanen yakni  selalu rewel dan mudah sekali menangis tanpa sebab yang jelas. Pernah ada cerita teman saya yang keturunan chinese, kedua anaknya terkena penyakit koreng sekujur tubuhnya, padahal sudah periksa ke ahli medis. Selain itu berbagai macam obat dan salep juga sudah digunakan namun tidak kunjung sembuh. Setelah mencoba membeli jamu di seorang Shin She di Kudus, diberi tahu kalau anaknya ternyata terkena sawanan. Dan Shin She itu pun memberikan jamu tersebut, dan akhirnya sembuh.

Sementara kejadian sawanen yang sering dijumpai penulis, banyak sekali jenisnya diantaranya  sawan mayit dan sawan manten, ada juga sawan wedus, sawan angin. Yang jelas sawanen  tidak bisa ditangani secara medis (pengobatan ala Barat).

Seumpama Anda, saudara Anda, atau orang yang Anda kenal mengalami hal yang hampir serupa dengan artikel ini, tidak ada salahnya Anda bersilaturrahmi kepada orang yang mempunyai kemampuan supernatural untuk meminta bantuan barokah do’anya.

Kita tahu memang semua atas kehendak-Nya, tapi betapa banyak perkara yang kita tidak tahu bagaimana agar kehendak kita (do’a kita) bisa terkabulkan. Maka tidak ada salahnya untuk meminta bantuan orang lain, agar Tuhan memberikan kita kesembuhan.

Yang jelas sawanen memang masih menjadi tanya, Kok bisa seseorang bisa terjangkiti atau tidak bisa terjangkiti, padahal dalam satu ruangan dan satu waktu. Yang jelas sawanan tidak bisa dibuktikan secara ilmiah tapi keberadaannya sering kita temukan khususnya di lingkungan tradisi Jawa.

Demikian artikel mengenai apa itu sawanen, semoga bermanfaat bagi Anda.

ARTIKEL LAINNYA : Cara Mengatasi Anak Kecil yang Sering Menangis

Gelang Gaharu

 

Mungkin Anda juga menyukai

WhatsApp chat